Saturday, March 26, 2016

HoloLens (Dunia Maya Terasa Nyata)- endart materi

Tak bisa dipungkiri perkembangan teknologi kian pesat dari waktu ke waktu. Salah satunya adalah teknologi HoloLens yang diciptakan Microsoft. HoloLens sendiri merupakan teknologi Augmented Reality yang menggabungkan benda maya ke dunia nyata. Dengan adanya HoloLens, akan memudahkan dalam penggunaan teknologi. HoloLens ini implementasi nya dapat menggantikantelevisi fisik. Jadi nonton Televisinya diproyeksikan dari HoloLens berupa hologram.

Saat ini menggunakan komputer harus berhadapan dengan monitor dan key board. Namun dengan HoloLens hal tersebut tidak diperlukan lagi. Karena cukup dengan memakai HoloLens yang berbentuk seperti kacamata, monitor akan tampil didepan mata.
HoloLens juga dapat digunakan untuk bermain gamedimana saat ini untuk bermain game masih menggunakan controller, seperti stick. Namun dengan HoloLens sudah tidak diperlukan lagi. Karena dengan HoloLens nantinya controller akan tampil dengan 3D (tiga dimensi).


Seeing
Is
Believing
Jadi apa itu HoloLens…?
Kalau mendengar kata hologram, apa yang ada dalam fikiran kalian? Pasti nggak jauh-jauh dari sosok Tony Stark dalam film Iron Man dengan layar hologram canggihnya, teknologi hologram sekarang ngga cuma ada di film. Sebab, Microsoft telah menggebrak dunia lewat augmented reality bernama HoloLens. Proses shipping HoloLens Development Edition dilakukan 30 Maret nanti. Harganya pun tidak murah, yakni USD 3.000 Well,bagaimanakah cara kerja HoloLens?


Spesifikasi Canggih
Meskipun bentuknya mirip dengan Samsung Gear VR atau Virtual Realitylainnya, cara kerja HoloLens berbeda. HoloLens tidak memerlukan perangkat tambahan seperti PC atau computer. Sebab, sebuah HoloLens sudah terdiri atas device windows 10, Microsoft Holographic Processing Unit (HPU), prosesor Intel 32 bit, serta Inertial measurement unit (IMU). HoloLens juga dilengkapi dengan 2 megapiksel HD kamera, empat mikrofon, dan sensor. Karena tanpa kabel, HoloLens bisa digunakan secara fleksibel.

Gambar Hologram Nyata
HPU-lah yang akan mengolah data sensor HoloLens secara real time, lalu menampilkannya ke dalam bentuk gambar visual. Alhasil, pemakainya pun mampu melihat gambar hologram dengan resolusi 2,3 juta titik cahaya. “HoloLens memiliki lensa hologram tembus pandang yang menggunakan system proyeksi optic canggih yang menghasilkan multidimensi hologram penuh warna dengan latensi sangat rendah. Jadi, kamu bisa melihat objek hologram disekitarmu,” jelas Alex Kipman, technical fellow, operating system Microsoft HoloLens, seperti dilansir dari Techcrunch.

Fleksibel
HoloLens juga mampu mendeteksi gerakan dan arah pandangan pemakainya. Untuk bisa berinteraksi dengan tampilan hologramnya, Microsoft menyediakan sebuah clickerberteknologi air gesture. Dengan begitu, pengguna tinggal menggenggam clickertersebut dan menggerakkan tangannya kearah objek hologram. Selain itu, kita bisa memberikan perintah lewat mikrofon serta mengkap suara dengan buit-in speaker. Hingga saat ini, HoloLens kompatibel dengan beberapa aplikasi dan game.  Diantaranya, Skype, HoloStudio, Actiongram Beta, Holo Tour, Robo Raid, Young Conker dan Fragment.




HoloLens (Dunia Maya Terasa Nyata)- endart materi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment