Sunday, January 5, 2014

PERANGKAT KERAS INPUT (INPUT DEVICE)- endart materi

Peralatan input atau peralatan masukan adalah perangkat yang berfungsi untuk memasukkan data atau program dan mengirimkan data atau program tersebut dalam bentuk data digital yang akan diproses komputer.

1. KEYBOARD
Keyboard merupakan perangkat yang memiliki tombol mirip dengan mesin tik dan beberapa tombol tambahan dengan berbagai fungsi. Keyboard digunakan untuk memasukkan data atau untuk memberikan perintah pada komputer.

Jenis-jenis Keyboard :
* QWERTY
* DVORAK
* KLOCKENBERG.

Tombol-tombol penting pada Keyboard.
Keyboard yang biasa dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki 4 bahagian :

a). Typewriter Key.
Tombol ini merupakantombol utama dalam input. Tombol ini terdiri dari tombol alphabet dan tombol lainnya.

  • Enter, Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.
  • Caps Lock, Bila tombol ini ditekan, maka huruf yang diketikkan akan menjadi huruf besar, dan jika ditekan ulang maka posisi caps lock off, maka tulisan yang diketikkan akan kembali kecil.
  • Delete, Tombol ini berfungsi menghapus satu karakter pada posisi kursor.
  • Esc, Tombol ini untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
  • End, Tombol ini berfungsi untuk memindahkan kursor keakhir baris/halaman/lembar kerja.
  • Back Space, Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter dikiri kursor.
  • Home, Untuk menuju ke awal baris atau kesudut kiri atas layar.
  • Insert, Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan karakter.
  • Page Up, Tombol ini berfungsi untu menggerakkan kursor 1 layar keatas.
  • Page Down, Tombol ini berfungsi untuk menggerakkan kursoe 1 layar kebawah.
  • Tab, Tombol ini berfungsi untuk memindahkan kursor 1 tabulasi ke kanan.

b). Numeric Key.
Tombol ini terdiri angka dan Arrow Key (Tombol tanda panah),

c). Function Key.
Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini terdiri dari F1 sampai dengan F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.

d). Special Function Key
Tombol ini terdiri atas Ctrl, Sift  dan Alt.  Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lain.

2. MOUSE.
Mouse merupakan perangkat yang digunakan untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Mouse juga digunakan untuk menjalan ikon perintah atau program yang tampil pada layar monitor.

Jenis mouse berdasarkan cara kerja untuk menggerakkan kursor antara lain :

  • Mechanical (wheel) Mouse,  menggunakan bola dari karet (mouse ball) untuk mendeteksi gerakan mouse.
  • Optical Mouse, mendeteksi gerakan mouse melalui sensor optik CMOS sehingga lebih akurat. Untuk menyinari permukaan, digunakan LED (Light Emitting Diode) berwarna merah sehingga sebagian kalangan mengira mouse optic menggunakan laser.
  • Laser Mouse, Mendeteksi gerakan mouse dengan teknologi laser. Keakuratan mouse laser 20x lebih baik dibanding mouse optic.
  • Wireless Mouse, yaitu mouse tanpa kabel. Mouse ini menggunakan infra merah, gelombang radio, maupun bluetooth untuk mendeteksi gerakan mouse.

 3. KAMERA DIGITAL.
Kamera digital merupakan perangkat input yang berfungsi untuk memasukkan (input) berupa gambar. Dengan menggunakan sensor elektronik kamera digital dapat mengubah gambar yang ditangkap menjadi data. Fitur yang terdapat dalam kamera diantaranya adalah menangkap gambar, video dan audio.

www.sabenggo1.blogspot.com
4. SCANNER.
Peralatan masukan ini berfungsi untuk mentransfer atau mengkonversi gambar, foto, text manual menjadi data digital sehingga dimengerti oleh komputer.
Scanner akan mengukur cahaya yang dipantulkan untuk memperoleh image. Kualitas scanner ditentukan oleh kualitas gambar yang dihasilkan (resolusi dan ketepatan waktu), kecepatan melakukan scanning dan ukuran kertas maksimal yang dapat discan dalam satu waktu.



5 MIC (MIKROFON) .
Mic digunakan untuk memasukkan input berupa suara. Penggunaan mic memerlukan perangkat keras tambahan untuk menerima input suara yang disebut dengan sound card dan speaker untuk mendengarkan hasil rekaman suara.

PERANGKAT KERAS INPUT (INPUT DEVICE)- endart materi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment